Kamis, 21 November 2019

Tipe Jaringan

Penamaan tipe jaringan lebih mengacu pada letak/penempatan dari sebuah jaringan, berikut diantaranya.
LAN (Local Area Network)

LAN adalah sebuah jaringan yang terdapat dalam satu gedung, kantor atau kampus. LAN tidak terpaku pada jumlah perangkat yang dihubungkan, akan tetapi lebih mengacu kepada penempatan jaringan pada tempat yang sama. Apabila ada jaringan dimana jaringan tersebut terdapat dalam satu gedung, kantor atau kampus maka tipe jaringan yang terbentuk dinamakan sebagai jaringan LAN.
WAN (Wide Area Network)

WAN adalah hubungan antar jaringan LAN, namun terletak pada wilayah geografis yang berbeda. Pada umumnya jaringan WAN adalah sebuah konsep dalam menghubungkan antar jaringan LAN yang terletak pada jarak yang relatif jauh misalnya antar provinsi.
Internet

Terdapat dua istilah yang hampir sama pengucapannya namun memiliki arti yang berbeda. Terdapat istilah "internet" dengan huruf depan "i" dan istilah Internet dengan huruf depan "I". Istilah "internet" adalah sebuah konsep dalam menghubungkan beberapa wilayah jaringan yang berbeda. Sedangkan istilah "Internet" lebih mengacu kepada sebuah konsep yang menghubungkan banyak wilayah jaringan. Jadi yang menjadi titik berat perbedaan kata "internet" dan "Internet" adalah jumlah wilayah jaringan yang dihubungkan. Internet adalah sebuah konsep dalam menghubungkan banyak jaringan bahkan bisa sampai jutaan jaringan
Jaringan internet lebih dikenal dengan jaringan umum (public), karena orang yang terhubung ke dalam jaringan internet tidak tau dengan siapa dia terhubung ke jaringan. Berbeda dengan jaringan pribadi (private) karena masing-masing orang mengetahui dengan siapa terhubung ke jaringan, sehingga pengguna jaringan internet rawan terhadap masalah pencurian data.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar