Senin, 04 November 2019

Firewall Pada Jaringan Komputer

APA ITU FIREWALL ???FUNGSI FIREWALL APA AJA SIH ???BERGUNA ATAU NGGAK GUNA ??? 

Hello sobat blogger yuk simak penjelasan selengkapnya tentang FIREWALL jangan di skip yaaa 

Pengertian firewall


Gambar terkait
Firewall merupakan sebuah sistem keamanan jaringan komputer yang berfungsi melindungi komputer dari beragam jenis serangan dari komputer luar. Firewall memonitor dan mengontrol semua lalu lintas jaringan masuk dan keluar yang kamu lakukan berdasarkan aturan keamanan yang telah ditetapkan. Secara umum, firewall komputer adalah program perangkat lunak yang mencegah akses tidak sah ke atau dari jaringan pribadi.
Supaya dapat berfungsi secara efektif, sebuah firewall wajib memenuhi standar tertentu, mampu mendirikan suatu ‘pagar pengaman’ di sekeliling sebuah jaringan pribadi, mencegah masuknya akses tanpa izin dan berbagai gangguan terhadap dokumen atau file yang ada di komputer pengguna. Di pasaran, ada cukup banyak produk firewall yang ditawarkan dengan fungsi yang bervariasi. Perbedaan firewall satu dengan lainnya biasanya terdapat pada seberapa ketat pengamanan dan selektivitas akses, dan cakupan perlindungannya pada berbagai lapisan OSI (Open System Interconnection).
Fungsi Firewall
Gambar terkait

Fungsi Firewall

Fungsi firewall pada jaringan komputer antara lain :
  • Mengontrol dan mengawasi paket data yang mengalir di jaringan komputer
  • Melakukan melakukan autentifikasi terhadap akses 
  • Mencatat setiap transaksi kejadian yang terjadi di firewall
  • Aplikasi proxy firewall mampu memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data

Prinsip dan cara kerja Firewall 

Firewall di komputer bertindak sebagai garis pertahanan terdepan dalam mencegah semua jenis hacking ke jaringan karena hacker akan mencari port yang terbuka yang dapat di aksesnya. Cara kerja Firewall adalah menutup port kecuali untuk beberapa port tertentu yang perlu tetap terbuka, firewall juga memungkinkan akses remote ke jaringan privat melalui Secure Authentication Certificates Logins. Dengan bantuan firewall informasi sensitif atau tidak layak dapat dicegah melalui interfaces.




Share:

0 komentar:

Posting Komentar