Rabu, 20 November 2019

Apa Itu Jaringan Komputer?

Assalamualaikum sobat blogger pada kali ini saya akan menjelaskan tentang jaringan komputer atau jarkom yuk simak selengkapnya
Hasil gambar untuk jaringan komputer
Jaringan merupakan sebuah konsep hubungan/interkom antar sekumpulan perangkat. Antar perangkat harus saling terhubung apabila ada perangkat yang tidak terhubung maka konsep tersebut bukan termasuk dalam definisi jaringan. Perangkat dalam konsep jaringan terdapat beberapa jenis secara umum yaitu perangkat akhir (end device) dan perangkat tengah (intermediary device).
Perangkat akhir adalah perangkat yang digunakan oleh pengguna jaringan untuk menerima atau mengirimkan data, sedangkan perangkat tengah adalah perangkat yang hanya digunakan untuk menghubungkan antar perangkat dalam jaringan. Perangkat dalam kategori perangkat akhir di antaranya adalah komputer, laptop, server, atau smartphone. Misalnya dengan menggunakan komputer kita bisa mengirim atau menerima data e-mail, peran dari perangkat tengah adalah untuk menghubungkan antar komputer, apabila komputer yang dihubungkan lebih dari dua maka harus membutuhkan peran dari perangkat tengah. Perangkat yang termasuk dalam kategori perangkat tengah diantaranya adalah hub, switch, router, dan access point.
Apabila kata 'jaringan' diikuti oleh kata 'komputer' maka terbentuk frase yang dinamakan dengan istilah 'jaringan komputer'. Sehingga bisa dikatakan bahwa jaringan komputer merupakan sebuah konsep hubungan/interkoneksi antar komputer itu sendiri. Pada prakteknya, perangkat akhir yang dihubungkan sehingga membentuk sebuah konsep jaringan tidak hanya komputer bisa juga laptop, server, atau smartphone. Perangkat-perangkat tersebut  bisa terkoneksi tidak bisa lepas dari peran media penghubung. Jaringan selain identik dengan perangkat juga media yang digunakan untuk menghubungkan antar perangkat tersebut. Terdapat dua jenis media penghubung yang bisa digunakan yaitu wireless dan wired(kabel). Penggunaan media kabel lebih baik dibandingkan dengan wireless terutama dari bandwidth saluran. Misalnya penggunaan kabel fiber optik untuk menghubungkan antar perangkat namun dari sisi tingkat fleksibelitas pengguna, penggunaan media wireless lebih baik dari media kabel. Pengguna bisa lebih leluasa untuk berpindah-pindah tempat jadi terdapat sisi kekurangan dan kelebihan dari penggunaan media wireless ataupun kabel.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar