Selasa, 19 November 2019

Berbagai Perangkat Lunak Database

Perangkat lunak database memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, platform yang digunakan kinerja dalam menangani data-data dan sebagainya. Berikut ini beberapa perangkat lunak yang banyak digunakan secara luas saat ini.

StarOffice Base
Adalah perangkat lunak database yang bersifat multiplatform, artinya dapat dijalankan diberbagai sistem operasi termasuk Linux, Unix, Solaris, dan windows. StarOffice Base merupakan perangkat lunak database yang didistribusikan bersama paket aplikasi perkantoran lain yang tergabung dalam StarOffice.
Kelebihannya adalah kemampuan untuk berhubungan dengan aplikasi database lain. Hal ini disebabkan karena StarOffice Base mempunyai kemampuan untuk membuat 11 format database, Oracle, MySQL, Microsoft SQL, Server (melalui JDBC dan ODBC ), dBase, access (hanya bila dijalankan di windows), file teks, Mozilla, dan buku alamat (address book) windows.

OpenOffice Base
Adalah perangkat lunak database yang bersifat open source, yang merupakan keluarga dari aplikasi perkantoran OpenOffice. Kita dapat mendownload aplikasi tersebut dari www.openoffice.org Secara gratis. Selain itu, kelebihan lain dari aplikasi OpenOffice base adalah dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, Solaris dan Mac OS.

Microsoft Access
Gambar terkait
Adalah aplikasi database yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk menangani data-data dalam jumlah kecil. Meskipun begitu, access masih dapat menangani data sampai 3 gigabyte. Access umumnya digunakan di perusahaan-perusahaan kecil yang membutuhkan database untuk menangani data-data dalam jumlah yang kecil.

Firebird
Adalah perangkat lunak database yang bersifat open source yang artinya dapat didownload dari internet, disebarluaskan digunakan secara gratis , firebird dapat dijalankan di berbagai platform seperti Windows, Unix dan Linux. Para pembuat program (software developer), yang membutuhkan database di aplikasi yang dibangun banyak menggunakan firebird karena kaya akan kemampuan dan fitur yang dibutuhkan. Namun, tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi dan mudah untuk dioperasikan.
Firebird dikembangkan oleh Codebase Interbase versi 6.0, sebuah perangkat lunak database yang juga bersifat open source. Interbase adalah aplikasi database yang telah dikembangkan oleh beberapa perusahaan dan di pasarkan dengan beberapa nama yang berbeda.

MySQL
Hasil gambar untuk MySQL
Adalah perangkat lunak database yang bersifat open source, yang berarti dapat didownload, didistribusikan, dan digunakan secara gratis. Perangkat lunak database yang satu ini dapat dijalankan di sistem operasi Windows dan Linux. Karena sifatnya yang gratis, MySQL banyak digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang dibangun, terutama aplikasi yang bersifat web Naser (aplikasi yang dijalankan di internet).

PostgreSQL
Hasil gambar untuk PostgreSQL
Adalah aplikasi database open source yang dikembangkan oleh PostgreSQL global development group. Menurut situs web lembaga tersebut, PostgreSQL 8.1 merupakan versi terbaru yang dikeluarkan. PostgreSQL bersifat multiplatform, yang artinya dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi Windows maupun Linux
PostgreSQL Juga biasa disebut postgres saja, merupakan data yang mempunyai kemampuan untuk menangani data-data dalam jumlah besar dan memiliki kinerja yang baik maka banyak digunakan untuk aplikasi-aplikasi penanganan berbagai bidang termasuk aplikasi web.

Oracle
Hasil gambar untuk Oracle
Adalah aplikasi database yang dikeluarkan oleh perusahaan Oracle Corporation. Oracle dikenal sebagai aplikasi database yang sangat stabil dan memiliki kinerja yang tinggi, mempunyai kemampuan untuk mengelola data dalam jumlah yang sangat besar. Selain itu, Oracle dilengkapi fitur-fitur keamanan yang memungkinkan data-data yang disimpan didalamnya aman dari akses dan perubahan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kemampuan-kemampuan Oracle tersebut membuat perangkat lunak database ini digunakan di perusahaan-perusahaan yang mempunyai data sangat banyak dan membutuhkan tingkat keamanan data yang sangat tinggi, seperti bank.

Microsoft SQL Server
Adalah aplikasi database yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk digunakan di organisasi yang memerlukan database, yang mampu mengelola data dalam jumlah besar. Disebut SQL Server karena database tersebut biasanya ditempatkan di sebuah server database dan memberikan layanan data ke kompute-komputer klien yang terhubung melalui jaringan ke komputer server database, Microsoft SQL Server banyak digunakan di berbagai bidang industri seperti bisnis, pendidikan, pemerintahan, pabrik dan sebagainya.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar