Minggu, 17 November 2019

Mengenal Apa Itu Database

Sebelum kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini, data-data disimpan dalam bentuk kertas yang disusun dalam file-file cabinet. File -file cabinet diberi indeks kemudian ditumpuk dalam ruang-ruang penyimpanan. Penyimpanan data dalam bentuk file-file cabinet mempunyai banyak kelemahan selain memerlukan waktu yang lama untuk mrngakses data yang dibuthkan, karena sulit menemukan di file mana data yang dicari berada, juga membutuhkan tempat penyyimpanan yang besar.
Kemajuan teknologi informasi memungkinkan penyimpanan data dapatdilakukan dalam bentuk digital dengan membuat sebuah Database. Keuntungannya, kita dapat menyimpan data-data dalam jumlah besar tanpa harus menyiapkan ruangan besar untuk penyimpanan berkas-berkas data tersebut. Selain itu, data-data yang disimpan dapat dicari dan ditampilkan dalam waktu cepat.
APA ITU DATABASE?

Database adalah tempat data-data disimpan. Data-data yang disimpan di database bias berupa apa saja, seperti data penjualan (database toko), data-data nasabah dan transaksi (database bank), data-data pribadi dan nilai siswa (database sekolah), dan sebagainya. Database dapat berukuran kecil yang hanya menyimpan data-data sederhana dalam jumlah sedikit sampai berukuran sangat besar yang menyimpan data-data kompleks dalam jumlah besar.
Data-data yang disimpan di database ditempatkan dalam table-tabel. Sebuah database dapat terdiri dari satu buah tabel sampai puluhan tabel. Database yang digunakan untuk penyimpanan data-data dari perusahaan besar dapat terdiri dari ratusan bahkan ribuan tabel, Data-data ditabel disimpan dalam bentuk field dan record. Field adalah urut data paling kecil yang terdapat dalam database, sedangkan Record adalah field-field yang saling berhubungan.

Keuntungan atau kemudahan yang diperoleh dengan memanfaatkan database dalam mengelola dan menyimpan data sebagai berikut:

  • ·         Mudah untuk memasukkan data-data yang baru
  • ·  Dapat menampilkan data yang berhubungan secara cepat. Misalnya, pada sebuah database perpustakaan kita dapat menampilkan data-data buku yang ditulis oleh penulis tertentu
  • ·         Dapat menampilakan data dalam bentuk grafik atau dalam bentuk halaman web
  • ·         Dapat menampilkan laporan yang mudah dimengerti dilayar computer atau bentuk cetakan di printer
  • ·         Melindungi data dari kesalahan-kesalahan (error)
  • ·      Data dapat dikirim ke berbagai bentuk file dokumen, misalnya ke excel atau word
  • ·     Dapat menggunakan berbagai operasi umum secara otomatis, seperti menjumlahkan, menyaring, dan sebagainya



Share:

0 komentar:

Posting Komentar