Selasa, 19 November 2019

Pengenalan Lingkungan Dreamweaver MX 2004

Untuk menjalankan Dreamweaver MX 2004 sebagai perangkat lunak pemrograman maupun perancangan halaman web maka langkah pertama yang perlu diketahui pemakai adalah mengetahui lingkungan terpadu beserta komponen-komponen yang terkandung didalamnya berikut penjelasannya
Hasil gambar untuk macromedia dreamweaver mx 2004
Jendela Wokspace Wizard
Pada saat pertama kali Dreamweaver MX 2004 diaktifkan maka komponen utama yang nyata dan mudah terlihat adalah jendela Workspace Wizard. Komponen ini merupakan komponen utama yang dapat membantu pemakai membuat situs web dengan berbagai macam bentuk permodelan dengan langkah mudah.

Baris Menu (Menu Bar)
Baris Menu adalah komponen yang terdapat pada lingkungan terpadu Macromedia Dreamweaver MX 2004 yang digunakan pada umumnya untuk melakukan proses atau perintah berkaitan dengan pembuatan halaman web, kustomisasi tampilan menu serta kustomisasi lainnya yang berkaitan dengan Dreamweaver MX 2004

Baris Tombol Dokumen (Document Toolbar)
Fungsi komponen ini untuk melakukan kustomisasi tampilan pada halaman web yang sedang diedit. Selain itu baris tombol ini juga mengandung perintah untuk melakukan pengecekan suatu halaman web pada browser, menampik daftar referensi perintah yang berkaitan dengan pembuatan halaman web, maupun melihat koneksi basis data dalam perancangan halaman web.

Jendela Dokumen (Document Window)
Jendela Dokumen merupakan tempat dimana para perancang halaman web maupun para pemrogram web mendesain atau memprogram sebuah halaman web. Dengan dibantu oleh jendela Tool Bar maka pemakai dapat langsung meletakkan objek-objek halaman web langsung ke jendela dokumen ini.

Jendela Tool Bar (Tool Bar Window)
Jendela Tool Bar berisi icon-icon objek yang berisi item-item perancangan halaman web yang dapat diletakkan secara drag dan drop kedalam halaman web yang sedang dirancang.

Panel Dockable Properties (Properties Window)
Untuk membantu mengatur nilai (seperti warna, panjang, tinggi) dari item-item kode bahasa Html dan lainnya maka keberadaan Panel Dockable Tool Bar perlu diperhitungkan. Secara umum panel ini berfungsi untuk mengatur suatu nilai pada item-item yang diletakkan pada halaman web pada nilai yang diinginkan.

Panel Dockable Design
Untuk pengaturan dari situs web yang sedang disunting, keberadaan Panel ini diperlukan. Walaupun berbentuk buka tutup (Dockable), pemakai dapat mengaktifkannya apabila memerlukan bantuan pengaturan maupun kustomisasi CSS (Cascading Style Sheet) dari situs web yang disunting.

Panel Dockable Code
Panel Dockable ini sebenarnya sudah hadir pada rilis sebelumnya namun disempurnakan kembali pada rilis MX 2004. Secara umum keberadaan komponen ini sangat membantu apabila pemakai bekerja dalam model pemrograman kode-kode bahasa Html dimana pemakai dapat mengambil langsung template kode (snnipet) yang sudah tersedia pada panel ini dan meletakkannya pada halaman web yang disunting.

Panel Dockable Application
Secara umum keberadaan komponen ini sangat membantu apabila pemakai bekerja dengan basis data dimana pemakai dapat melakukan akomodasi (pemasukan) basis data dan menyatukan ke dalam situs web yang sedang disunting

Panel Dockable Tag <body>
Panel ini dapat memudahkan pemakai dalam melakukan kustomisasi tag dasar pada body bahasa Html seperti kustomisasi warna huruf pada Hyperlink, kustomisasi warna latar belakang halaman web, pengaturan spesifikasi browser dan lainnya.

Panel Dockable Files
Panel ini melakukan organisasi aset-aset situs web yang ada pada media penyimpanan seperti file-file objek grafis, objek multimedia, pengaturan transfer situs web melalui FTP.

Menu Konteks (Context Menu)
Menu Konteks berperan apabila pemakai sudah berada pada proses penyuntingan halaman web dan ingin melakukan perintah pemrosesan secara cepat.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar